Memilih Ubin Keramik Untuk Dapur

Artikel

Siapa saja yang hobi memasak pasti menginginkan dapur nyaman dan bersih sepanjang hari. Masalahnya, dapur idaman bukan hanya berkat peralatan masak lengkap berteknologi tinggi. Namun juga kondisi ruangan dapur itu sendiri. Sebagaimana ruangan lainnya di rumah, dapur juga berlantai keramik.

Keramik juga disematkan di sepanjang dinding dapur khususnya di area memasak, atau yang biasa disebut dengan backsplash. Mengapa harus keramik? Material lain seperti granit atau marmer memang bisa digunakan sebagai pelapis lantai dan dinding dapur. Akan tetapi, keramik masih menjadi idola bagi mayoritas masyarakat Indonesia mengingat harganya yang lebih terjangkau dan lebih mudah didapatkan.

Silakan luangkan waktu untuk membaca ulasan berikut ini sebelum memborong keramik dapur di toko bahan bangunan.

Kita semua pasti punya sesuatu yang ingin dicapai. Tidak ada salahnya bila keinginan itu adalah memiliki dapur idaman. Meski demikian, impian yang satu ini membutuhkan biaya tidak sedikit. Walaupun memasang lantai dan melapisi dinding adalah termasuk tahap akhir pembangunan sebuah rumah, ada baiknya bila sudah dirinci sejak awal mengenai jenis keramik dapur yang akan dipakai. Melakukan survei tentang macam-macam keramik dapur di pasaran akan sangat membantu dalam membuat perencanaan anggaran. Hal ini juga berlaku untuk penggantian keramik dapur lama dengan yang baru.

Sesuaikan warna dan ukuran keramik dapur dengan ruangan

Bukan rahasia lagi kalau warna terang bisa membantu memperluas sebuah ruangan secara visual. Dapur yang terletak di sudut rumah atau tidak punya jendela sebaiknya menggunakan keramik dapur berwarna terang. Tujuannya agar cahaya lampu atau matahari yang masuk ke dapur bisa dipantulkan ke seluruh penjuru ruangan. Sedangkan keramik dapur berukuran lebar punya efek visual menciptakan kesan luas dan lapang. Keramik berbentuk diagonal juga dipercaya dapat memberikan kesan luas pada ruangan atau dapur sempit. Oleh karena itu, dapur berdimensi kecil alias sempit cocok bila di dekorasi dengan lantai keramik dapur ukuran lebar.

Sesuaikan keramik dapur dengan gaya dekorasi rumah

Keramik dapur bisa membantu menegaskan gaya interior yang ingin ditampilkan pemilik rumah. Meskipun ada banyak pilihan keramik di pasaran, keramik dapur yang dipilih sebaiknya sesuai dengan gaya rumah. Misalnya ingin menghadirkan nuansa alami, keramik dapur yang dipilih sebaiknya bermotif seperti kayu, lengkap dengan serat-serat kayunya. Bila lebih menyukai gaya minimalis, sebaiknya hindari penggunaan keramik dapur dengan terlalu banyak detil. Sedangkan penyuka gaya industrial bisa memilih keramik dapur warna abu-abu, atau bisa juga warna putih.

Pilih lantai keramik berdaya tahan tinggi

Ada banyak aktivitas berat yang kita lakukan di dapur. Lantai dapur sangat berpotensi terpapar percikan minyak atau air panas, atau panas dari peralatan masak yang baru diturunkan dari kompor. Kadang ada kalanya terjadi tragedi gelas pecah, atau peralatan masak yang jatuh ke lantai. Semua ancaman ini mengakibatkan lantai keramik dapur sangat rentan terhadap kerusakan. Sangat disarankan untuk memilih lantai keramik yang paling kuat dan tahan lama. Untuk mengetahui spesifikasi lantai keramik pilihan, kita bisa langsung bertanya pada si penjual.

Perhatikan presisi keramik

Arti dari presisi keramik di sini adalah ukuran dan motif benar-benar sesuai dengan tampilan keramik yang tampak pada kemasan. Hal ini perlu diperhatikan terutama bila kita berencana menghiasi backsplash dengan keramik bermotif seperti contoh. Keramik dapur dengan presisi tinggi akan memudahkan proses pemasangan dan hasil jadinya pun tidak akan mengecewakan. Produsen keramik dapur ternama biasanya menawarkan keramik dinding dapur dengan presisi tinggi.

Keramik dinding sebaiknya berwarna terang

Dinding ruangan memang akan lebih cantik bila dilapisi dengan keramik. Namun bukan itu saja tujuan melapisi dinding dengan keramik. Alasan lainnya adalah untuk memperkuat dinding bila sewaktu-waktu air merembes masuk melalui dinding akibat proses pembangunan dinding yang kurang sempurna. Maka tidak heran bila dinding kamar mandi dilapisi dengan keramik, demikian juga dinding dapur yang berhimpitan dengan bak cuci piring serta kompor. Area ini biasa disebut dengan sebutan backsplash. Selain lantai, sebaiknya dinding dapur juga berwarna terang. Alasannya sederhana, yaitu agar kotoran yang menempel di dinding bisa terlihat dan bisa segera dibersihkan.

Bingung pilih keramik dapur terbaik? Hong Home Improvement siap membantu menyelesaikan masalah Anda.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *