Bangun Rumah Murah dan Berkualitas

Artikel

Sudah makin banyak variasi dan pilihan tempat tinggal di era modern ini. Mulai banyak apartemen yang sudah dibangun di daerah JABODETABEK untuk memberikan pilihan tempat tinggal yang praktis untuk keluarga modern yang berukuran kecil.

Tidak bisa dirahasiakan juga bahwa biasanya membangun rumah modern yang bagus itu mungkin memerlukan biaya rata-rata Rp 3-4 juta/m2 tergantung dengan bahan dan gaya yang diinginkan.

Di bawah ini, kami mempersiapkan beberapa tips untuk membangun rumah yang murah dan berkualitas.

Set Objective yang Tepat

Buatlah obyektif yang utama, dari apa yang Anda impikan. Tujuan rumah itu cukup simple, yaitu menjadi tempat berlindung dari perubahan cuaca pada umumnya. Namun, yang perlu diketahui adalah kebutuhan rumah tersebut:

  1. Berapa orang yang akan tinggal di rumah itu?
  2. Aktifitas apa saja yang akan dilakukan di rumah tersebut?
  3. Seberapa sering akan ada orang lain yang datang ke rumah?
  4. Apakah Anda memelihara binatang? atau Hobi yang memerlukan tempat lebih?

Setelah menentukan hal-hal diatas, mungkin Anda akan mempunyai gambaran rencana apa saja yang bisa dibuat agar membuat rumah itu ideal untuk Anda.

Membuat RAB agar bisa menyesuaikan biaya

Gunakan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk mem-budget pengeluaran renovasi rumah Anda. Secara umumnya, RAB digunakan sebagai pembukuan untuk pengeluaran yang akan dibayar jika sesuai dengan design/model rumah idaman Anda. Namun, setelah dibuatnya RAB, Anda bisa meng-analisa bagian-bagian yang kira-kira bisa disesuaikan atau dibuat lebih murah.

Peran yang Vital dari Jasa Arsitek

Peran Arsitek memang penting dalam mendirikan sebuah bangunan. Namun jika Anda memiliki waktu dan keinginan untuk mengelola proyek Anda sendiri, Anda bisa lakukan dengan beberapa hal yang mudah.

  1. Carilah model/inspirasi design yang Anda inginkan
  2. Pelajari jenis-jenis tembok, plafon, dan juga lantai yang cocok di design ideal Anda
  3. Komunikasikan kebutuhan Anda dengan tukang yang Anda pekerjakan dan staff toko bangunan saat pembelian bahan
  4. Perkirakan jumlah waktu yang akan dihabiskan seorang pekerja untuk suatu bagian. Contohnya cat tembok, dan lalu set ekspektasi tersebut untuk dia.
  5. Jika Anda memiliki kebutuhan yang sangat unik dan perlu kustom, bisa langsung mencari tukang kayu yang mampu melakukan hal tersebut.

Lalu, untuk mengurus Izin Mendirikan Bangunan, Anda bisa mencari freelance yang bisa menggambarkan kebutuhan Anda atau cukup mempelajari cara menggunakan aplikasi gambar seperti SketchUp, atau AutoCAD dan sejenisnya.

Desain Minimalis

Berjalannya di abad ke-21, rumah modern sedang bertransisi ke gaya hidup yang lebih minimalis atau simple. Yakni, furniture dan juga kegunaan alat-alat hidup semakin polos sehingga bisa menghemat biaya-biaya pembuatan karena designnya yang sederhana.

Mengatur Anggaran untuk 2 Lantai

Bila Anda berencana membangun rumah 2 lantai, lakukanlah bertahap untuk menjaga cashflow pribadi/keluarga. Namun, jika ingin membangunnya bertahap, maka lebih baik jika bisa menyelesaikan satu lantai terlebih dahulu dan menyiapkan dana untuk berikutnya.

IMB dan SPPT-PBB

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan membayar Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB) adalah dua dokumen legalitas bangunan rumah Anda di mata hukum pemerintahan Indonesia.

Pastikan Anda sudah membayar SPPT-PBB dan gunakan fotokopi Bukti pembayarannya untuk mengajukan IMB dan mulai membangun rumah impian Anda. Hindari melanggar hukum agar menjaga ketertiban etis dan juga sanksi yang bisa dikenakan petugas negeri.

Pembayaran Borongan VS Harian

Anda perlu mengevaluasi kecekatan dan kemampuan seorang tukang sebelum menetapkan sistem pembayaran Anda. Jika Anda sudah mengenal dan mengetahui kemampuan tukang yang baik, maka pembayaran borongan bisa lebih menguntungkan untuk Anda karena mereka bisa mengerjakannya di waktu yang lebih singkat dan murah.

Jika Anda belum mengenal atau masih baru pertama kali membangun atau bekerja dengan tukang tersebut, maka harian adalah pilihan yang lebih baik karena:

  1. Anda bisa memberhentikan mereka jika tidak puas
  2. Anda bisa meminta penukaran pekerja bila tidak cocok
  3. Tidak harus menunggu hingga tahap/proyek selesai

Belanja Bahan Bangunan Sendiri dan Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Anda bisa menghemat banyak jika Anda membeli barang bangunan sendiri agar mencegah keborosan atau kecurangan oleh pekerja. Banyak sekali hal yang bisa terjadi jika orang itu tergoda, maka dari itu cegahlah dengan meminta bon, atau lebih baiknya belanja barangnya sendiri.

Pilihlah juga bahan bangunan lokal seperti bata, dsb, yang diproduksi di masing-masing daerah dan tidak akan lebih mahal jika jarak transportasinya jauh dari distributor.

Selamat Membangun!

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *