Macam-macam jenis kaca yang bisa digunakan pada bangunan rumah

Artikel

Pemakaian kaca pada suatu rumah atau gedung bangunan tentu bukanlah hal yang jarang dijumpai, tetapi banyak rumah atau bangunan yang menggunakan kaca sebagai material yang umum.

Kaca memiliki banyak jenis yang bisa digunakan pada rumah atau bangunan, sesuai dengan konsep yang dibuat oleh pemilik atau arsitek rumah tersebut.

 

Tidak hanya menghadirkan kesan estetika saja, selain itu penggunaan kaca ini juga bisa digunakan sesuai dengan fungsi dan juga manfaatnya dengan lebih maksimal. Kaca selalu menjadi pilihan sebagai material yang mampu memberi kesan elegan pada sebuah hunian.

Pada pemilihan kaca yang akan diterapkan di rumah, Seharusnya jangan menggunakan jenis-jenis kaca yang asal. Oleh karena itu, Mari Pahami dan kenali fungsi serta jenis-jenis material kaca yang bening seperti berikut ini:

 

1. Kaca Laminasi

Kaca laminated adalah kaca yang proses pembuatanya dengan menggabungkan 2 kaca menjadi 1 dengan material interlayer film, maka dari itu faktor Tingkat ketahanan dari kaca laminasi adalah yang paling tinggi diantara macam-macam kaca yang lainnya untuk  pencegahan atau perlindungan terhadap jatuh atau robohnya kaca ke lantai.

Kaca Laminasi ini tidak akan mungkin pecah belah berhamburan menjadi partikel kecil seperti pada kaca lainnya, karena ketika jatuh atau terkena benturan yang keras biasanya kaca hanya akan menjadi retak dan juga akan susah untuk ditembus dengan apapun.

Kaca jenis laminasi ini sering dipasangkan untuk salah satu komponen bangunan yang memerlukan tingkat keamanan yang lebih, seperti digunakan pada Dinding, Kanopi, railing tangga, railing eskalator, lantai balkon, anak tangga dan lain sebagainya.

2. Kaca Stopsol

Kaca stopsol adalah kaca yang memiliki lapisan transparan atau tipis dari oksidasi logam (berfungsi sebagai lapisan pemantul) Pemakaian kaca ini juga bisa hemat energi sebagai kaca anti pemanasan global, Hal ini karena kaca ini dapat memantulkan cahaya dan panas dengan sempurna.

 

Kaca stopsol ini mempunyai bahan pyrolytic coating stopsol yang mampu menahan daya terhadap perubahan panas, seperti perubahan temperatur udara, dan perubahan terhadap polusi, debu-debu dan korosi.

Kaca stopsol ini sangat cocok untuk digunakan pada segala jenis konstruksi bangunan, dan warna yang ada pada kaca stopsol dijamin tidak akan memudar termasuk kehilangan kecerahan dari warna aslinya.

3. Kaca Berwarna

Kaca warna atau sering disebut juga dengan kaca-film warna ini merupakan kaca yang memiliki beragam warna pilihan sebagai opsi penggunaan pada bangunan rumah atau gedung, karena memiliki banyak pilihan warna kaca ini juga sering diaplikasikan sebagai hiasan atau penambah estetika pada rumah.

 

Kaca jenis seperti ini biasanya dipasangkan atau diaplikasikan sebagai material bahan bangunan seperti pada jendela, langit-langit rumah, pintu, dan sebagainya. Keunggulan dari kaca ini yaitu semakin pekatnya warna maka ruangan akan semakin terasa sejuk.

4. Kaca Bening

Nah ini adalah kaca bening atau kaca polos yang paling sering digunakan sebagai bahan material pembangunan pada rumah atau gedung interior maupun eksterior

Kaca ini memiliki tekstur yang glossy atau transparan, dan kaca ini dapat memberikan sinar matahari masuk pada ruangan gedung atau rumah.
Ketika sinar matahari pagi hari mungkin akan terasa lebih hangat, tetapi jika sinar matahari masuk kedalam rumah pada di siang hari maka hawanya akan terasa panas dan menyengat.
Oleh Karena itu, disarankan untuk menggunakan tirai atau gorden untuk penutup sebagai penghalang panas masuk kedalam rumah atau bangunan


5. Kaca Patri

.

Kaca patri ini adalah beberapa partikel pecahan dari kaca warna yang warna warni, yang kemudian dibentuk atau dibuat ulang menjadi satu bagian/gambar. Setiap pecahan kaca ini nantinya akan disusun dan dibentuk dengan kuningan ataupun dengan timah, lalu akan membentuk sebuah karya mozaik yang sangat indah.

 

Pada proses penggabungan ini kaca patri ini disebut dengan patrian. Karena Itulah kaca yang satu ini disebut dengan kaca patri. Sejak era Renaissance kaca patri mulai banyak digunakan sebagai hiasan untuk menambah estetika ruangan.

 

Kaca Patri ini biasa digunakan orang-orang pada zaman dahulu sebagai hiasan dari suatu bangunan yang sifatnya religius. Gereja Katedral dan sejumlah tempat yang bersejarah.

6. Kaca Tempered

Nah kalo yang ini adalah Kaca yang kuat terhadap benturan atau tekanan, Karena kaca ini yang dibuat melalui proses pemanasan dan pencampuran bahan kimia untuk membuat kaca tersebut menjadi lebih kuat dan lebih tahan dibandingkan dengan kaca biasa.

 

Perbedaan kaca tempered ini dengan kaca yang biasa, kaca tempered bisa mencapai 3-5 kali kekuatan dari kaca yang biasa dan memiliki tingkat ketebalan yang juga sama.

 

Selain tahan terhadap benturan atau tekanan kaca ini juga sangat tahan terhadap angin, tekanan air, serta perubahan dari suhu atau temperatur yang tinggi. Kaca ini sering digunakan pada bangunan gedung seperti perkantoran.

7. Kaca Es

Yang ini adalah kaca es atau frosted glass yang memiliki tekstur buram atau bisa disebut juga dengan blur gradasi yang sering dimanfaatkan untuk interior rumah terutama pada bagian kamar mandi atau area shower mandi

Kaca es ini mampu mengurangi sinar matahari yang diterima secara maksimal sehingga ruangan tidak silau atau sinar matahari tidak masuk secara langsung. Tekstur pada kaca ini dapat memecah gelombang sinar matahari.

Jenis Kaca es yang buram seperti ini baiknya digunakan atau dipasang pada kamar mandi seperti pada area mandi yang menggunakan shower. Selain itu, bisa juga diaplikasikan pada partisi di dalam ruangan atau gedung kantor.

 

8. Kaca Cermin

Kalo yang terakhir ini sudah tidak asing lagi bagi orang umum, karena kaca ini merupakan kaca yang sering digunakan sehari hari.

Kaca cermin ini atau disebut dengan one way mirrored glass merupakan kaca yang dibuat hanya 1 sisi bagian yang berfungsi untuk memantulkan cahaya, panas dan juga memantulkan gambaran atau wujud asli pada dalam kaca ini.

 

Kaca ini juga sering ditemukan pada interior rumah tepatnya pada kamar tidur, kamar hias, kamar mandi. dan bentuknya pun beragam jenis sesuai dengan keinginan untuk menambah estetika ruangan pada bangunan rumah.

Jadi itu adalah beberapa penjelasan mengenai Jenis-jenis Kaca yang dapat digunakan sebagai interior bangunan, Jika Sahabat Hong’s ada yang ingin membeli Bahan bangunan untuk membangun rumah sahabat hongs bisa langsung ke Hong’s Home Improvement menyediakan berbagai macam bahan bangunan yang sesuai dengan berbagai kebutuhan dan varian ukuran. dengan kualitas yang tidak perlu Sahabat Hong’s ragukan lagi silahkan mampir ke outlet terdekat kami 😁

Mari membangun Bersama kami! 😊

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *